Gelar Pahlawan Nasional Gus Dur Segera Disahkan

Gelar Pahlawan Nasional Gus Dur Segera Disahkan

Surabaya, NU Online
Pengajuan gelar Pahlawan Nasional untuk almarhum KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) berjalan lancar. Sebab, pengajuan dilakukan serentak oleh puluhan organisasi maupun perorangan. Bahkan, secara formal Pemkab Jombang dan Pemprov Jatim juga mengusulkan gelar pahlawan nasional bagi Gus Dur.

Wakil Gubernur Jawa Timur H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyatakan, pihaknya telah memperoleh informasi bahwa Kementerian Sosial pada Jumat (1/10) lalu telah membahas secara final dan akan menetapkan Gus Dur sebagai pahlawan nasional.

Menurut Gus Ipul, penetapan gelar itu tinggal menunggu sidang Dewan Kepahlawanan Nasional dan diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Jadi Tinggal ditetapkan saja oleh Presiden SBY dan nanti diserahkan tepat pada saat Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2010,” kata Gus Ipul di Surabaya, Senin (4/10) seperti dikutip situs beritajatim.com.

Menurut dia, penetapan Gus Dur sebagai pahlawan Nasional tidak mengalami kendala berarti. Apalagi, pengusul gelar kepahlawanan ini dilakukan serentak puluhan organisasi maupun perorangan. Bahkan, secara formal Pemkab Jombang dan Pemprov Jatim juga mengusulkan gelar pahlawan nasional bagi Gus Dur.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim Mustofa Chamal Basya membenarkan, jika pada 1 Oktober 2010 lalu, pemerintah telah memastikan pemberian gelar kepahlawanan bagi Gus Dur. “Secara lisan, kami sudah diberitahu 1 Oktober lalu sudah ditetapkan, tapi secara formalnya belum diberitahu,” imbuhnya.

Dengan ditetapkannya sebagai Pahlawan Nasional, Gus Dur akan menyusul ayahanda Wahid Hasyim serta kakeknya Hasyim Asy’ari yang sebelumnya juga telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Ini sekaligus yang pertama di Indonesia mulai dari kakek, ayah hingga anak semuanya bergelar pahlawan nasional dan dimakamkan bersebelahan. (sam)

Tentang nupapringjaya

ormas islam ahlussunnah wal jama'ah
Pos ini dipublikasikan di Warta. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s